2017-10-10 dibaca : 803 Kali

Pembinaan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, Media Desain dan Iptek

bagikan informasi ini :

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi membuka Workshop Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, Media Desain Dan Iptek, bertempat di Aula Pemkab Pesawaran. Senin (11/10).

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pemberian bantuan Tekang Tapis Kepada Kelompok Pengrajin Tapis Kecamatan Negeri Katon dan Kecamatan Gedong Tataan. Tekang tersebut akan diberikan kepada kelompok pengrajin tapis, sebagai awalan untuk pengrajin yang berada di wilayah Kecamatan Negeri Katon sebanyak 25 unit dan Kecamatan Gedong Tataan sebanyak 5 unit.


Seperti kita ketahui , tapis merupakan salah satu kerajinan tradisional Lampung yang mencerminkan hubungan yang selaras antara sang pencipta, alam dan manusia, dan juga merupakan warisan seni dari nenek moyang kita yang tak ternilai harganya. Pada era sekarang, dengan selalu menjaga tapis agar tetap eksis dan berkembang, adalah menjadi cara serta bukti kita dalam mencintai dan menghargai warisan yang luhur.


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pesawaran Nanda Indira Dendi Semakin berkembangnya tapis maka secara tidak langsung semakin mengukuhkan, bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang tidak hanya kaya akan alamnya namun juga kaya akan intelektualitas dan kreatifitas seni dan budaya, yang tercermin salah satunya dengan adanya kerajinan tapis yang di daerah Kabupaten Pesawaran. Merupakan suatu kebanggaan yang tak terhingga, karena secara historis dan geografis, Pesawaran menjadi salah satu wilayah di wilayah Lampung yang terwariskan atau mewarisi kekayaan seni yang luar biasa,”ungkapnya


“Oleh karenanya, kita harus tetap menjaga dan melestarikan tapis sebagai warisan seni budaya yang tak ternilai khususnya di wilayah kabupaten pesawaran yang kita cintai dan kita banggakan ini”.


Nanda Indira Dendi menambahkan sebagai entitas yang tentunya secara imperatif aware, care serta peduli kepada kekayaan seni dan budaya tapis Pesawaran, Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah menetapkan tapis sebagai salah satu ikon budaya serta wisata yang secara kultur dan geografik ditetapkan di Kecamatan Negeri Katon untuk menjadi pusat pengembangan, penggerak sekaligus pendorong majunya tapis pesawaran.


Penetapan Kecamatan Negeri Katon sebagai pusat pengembangan dan inovasi Tapis Pesawaran, tidak lantas meninggalkan wilayah kecamatan lain yang juga memiliki kerajinan tapis untuk berkembang, namun ini sebagai langkah awal yang tentunya dipandang oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran sebagai langkah yang strategis dalam mempromosikan serta mengakselerasi pengembangan Tapis Pesawaran,”ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pesawaran


Oleh karenanya langkah strategis itu harus disambut dan direspon secara positif oleh pelaku kerajinan tapis di seluruh Kabupaten Pesawaran secara umum. Selain telah menetapkan pusat pengembangan tapis di Negeri Katon sebagai langkah awal penggerak pengembangan UMKM Tapis, pada hari ini sama-sama telah kita ketahui bersama, bahwa Pemerintah Kabupaten Pesawaran pada Tahun Anggaran 2017 juga telah melakukan pengadaan Tekang (alat tenun tapis) sejumlah 30 unit. Pengadaan tapis ini sebagai pelaksanaan program Pelaksanaan Program Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Media Desain.

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations