2018-12-07 dibaca : 140 Kali

Pemanfaatan Sisa Ikan Hasil Laut Nelayan Desa Durian Menjadi Produk Unggulan Desa

bagikan informasi ini :

Melihat letaknya yang strategis berada dipesisir laut dan dilintasi oleh wisatawan baik lokal maupun nasional yang menuju Tanjung Putus,Pulau Pahawang dan Teluk Kiluan Tanggamus. Desa Durian memiliki potensi yang besar dalam memproduksi PRUDES untuk dijadikan buah tangan wisatawan tersebut, dan alternatif destinasi wisata. Maka dinilai sangat perlu Produk unggulan desa diproduksi secara banyak. Selain menambah penghasilan masyarakat desa Durian, produk tersebut juga menambah Pendapatan desa.

Secara global masyarakat Desa Durian berprofesi sebagai nelayan, hasil laut yg yang melimpah yang diperoleh dari nelayan sebelumnya belum dimanfaatkan secara optimal. Sisa ikan seperti tulang dan kepala ikan biasanya langung dibuang. Hal ini yang menjadi dasar ibu PKK Desa Durian untuk mengolah beragam olahan hasil laut. Memang di pasaran terdapat banyak olahan hasil laut, namun tidak seperti olahan produk ibu PKK Desa Durian.

Solusi/Inovasi yang dijalankan   

Untuk bersaing di pasaran dan Menjawab tantangan beragam olahan hasil laut, ibu PKK Desa Durian berinovasi dengan mengolah sisa-sisa hasil laut, seperti tulang, kepala dan kulit ikan menjadi panganan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Hasil olahan ibu PKK tersebut yakni, abon kepala ikan, kerupuk kulit ikan, kerupuk cumi, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi warga dan pendapatannya.

Proses/Langkah demi langkah penyelesaian masalah/ tantangan

 Umumnya tulang dan kepala ikan jarang sekali dimakan, bahkan banyak yang dibuang. Di dea Durian bahan yang tidak digunakan tadi diolah menjadi panganan yang nikmat, tentunya melalui beberapa kali ekperimen. Sehingga terciptalah produk olahan dari sisa-sisa ikan, baik kepala, tulang hingga kulit ikan.

Hasil/Capaian

Saat ini produk olahan sisa ikan tersebut sudah banyak dikenal, bahkan ering mengikuti ajang pameran, baik tingkat kabupaten, provini hingga nasional.

Pembelajaran

Semangat Ibu PKK yang akan menghasilkan pengusaha-pengusaha baru dan masyarakat yang sadar akan Prukades 

Rekomendasi

Perlu dukungan pemerintah atau instansi terkait untuk mengelola manajemen, Mengembangkan SDM dan SDA yang terdapat didesa sebagai aset penting pemerintah desa. 

 

sumber : https://inovasidesapesawaran.wordpress.com/2018/11/19/pemanfaatan-sisa-ikan-hasil-laut-nelayan-desa-durian-menjadi-produk-unggulan-desa/

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations