2020-02-25 dibaca : 1 Kali

Bupati Dendi Hadiri Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Cermin

bagikan informasi ini :

PESAWARAN - Bupati Pesawaran ikuti Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Cermin yang digelar di GSG HPN Desa Way Urang Kecamatan Padang Cermin, Selasa (25/02/2020).

Hadir juga dikegiatan tersebut diantaranya Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat Padang Cermin dan TNI-Polri serta seluruh kepala desa di kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa musrenbang merupakan penentu apakah kedepan akan menerima bantuan pembangunan baik dari pemerintah daerah kabupaten, provinsi dan pusat.

“Musrenbang jangan hanya sekedar seremoni belaka, namun penentu untuk penerimaan bantuan dari pemerintah. Saya yakin, usulan yang tadi diserahkan dari kepala desa pasti banyak. Namanya usulan, namun semua itu harus diprioritaskan pada hal yang menjadi urgensinya, ” kata Dendi.

Musrenbang tersebut harus dikawal sampai selesai, sehingga memiliki kualitas dan manfaat yang tepat bagi kebutuhan berskala prioritas.

“Sebelum dilakukan pembangunan, harus diselesaikan terlebih dahulu lokasinya. Jangan sampai terjadi, ketika akan dibangun kemudian ada warga yang mengklaim tanahnya belum dibebaskan. Untuk itu, saya meminta kepada seluruhnya agar musyawarahkan terlebih dahulu, harus diurun rembug dahulu baru kemudian diajukan,” ujar dia.

Ditahun depan, anggaran bisa bertambah sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembangunan diseluruh desa di Bumi Andan Jejama.

“Prinsipnya, kami berharap agar pembangunan yang dilaksanakan menjadikan desa menjadi mandiri dan sejahtera. Untuk itu, kedepan kita wacanakan pelayanan kesehatan pada masyarakat secara gratis tidak bergantung kepada BPJS atau lainnya,” tutur dia.

Bantuan pembangunan lain juga dilakukan dibagian pendidikan seperti perbaikan gedung sekolah dan pembangunan ruang kelas baru sampai peningkatan insentif kepada guru honorer.

“Kegiatan lain seperti peningkatan keimanan dan ketaqwaan dengan memberangkatkan umroh dan wisata religi ziarah ke wali songo. Tahun ke tahun akan terus bagaimana program pemerintah tentang infrastruktur dan lainnya ditingkatkan,” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Dendi Ramahona juga menyerahkan pagu kegiatan pembangunan tahun anggaran 2020 dan penyerahan souvenir kepada kepala desa se-Kecamatan Padang Cermin.

Camat Padang Cermin Darsoyo dalam laporannya menungkapkan bahwa anggaran tahun sebelumnya telah diserap untuk beberapa pembangunan seperti drainase, gedung pertemuan kecamatan, tanggul penahan dan lain sebagainya dilokasi yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

Kemudian, anggaran APBD tahun 2020 juga masih difokuskan pada infrastruktur dan bangunan yang berdampak pada kepentingan masyarakat.

“Pelaksanaan yang menggunakan APBDes telah direalisasikan dengan baik dan tinggal penambahan sedikit. Lalu,untuk penanggulangan banjir telah dilakukan normalisasi aliran sungai dibeberapa desa dan alkhamdulillah sangat berdampak sehingga mengurangi bencana banjir,” kata dia. (Er/PN)

 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations