2020-03-12 dibaca : 1 Kali

Wakili Bupati Dendi, Sekda Pesawaran Buka Advokasi Program Nasional

bagikan informasi ini :

Pesawaran - Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona diwakili Sekretaris Daerah membuka acara Advokasi Program Nasional (Gerakan Keamanan Pangan Desa, Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya Dan Pengawalan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah) Badan Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Pesawaran, di Aula Teluk Ratai Pemkab Pesawaran, Rabu (11/03/2020).

Dalam Sambutan yang dibacakan oleh Sekda, Bupati Dendi mengungkapkan bahwa sebagaimana amanat Undang-Undang No. 18 tahun 2012 tentang Pangan, Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945.


“Dalam hal ini negara berkewajiban mewujudkan pemenuhan konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi dengan melaksanakan program prioritas nasional desa pangan aman, pasar aman dari bahan berbahaya dan pangan jajanan anak sekolah tahun 2020,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan oleh Badan POM dan pemerintah daerah. Oleh karena itu, program pengawasan keamanan pangan ini harus dilakukan agar kemanan pangan tetap terjamin dan aman untuk dikonsumsi. Program keamanan pangan ini sesuai dengan rencana strategis pembangunan kesehatan di wilayah Kabupaten Pesawaran didalam meningkatkan status kesehatan masyarakat dan gizi anak. Kesehatan masyarakat.
“Diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar-pasar, di desa dan juga kegiatan preventif lainya melalui gerakan keamanan pangan desa. Selain itu, anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan gizi yang seimbang seperti kalsium, Vitamin D, protein, serat, antioksidan dan zat besi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak,” jelasnya.

 

“Gizi yang tidak seimbang dapat Demenimbulkan anemia dan gangguan kesehatan lainnya serta dapat mengganggu proses belajar anak-anak. Untuk itu peran Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM sangat penting didalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan gizi anak dan membebaskan jajanan dari bahan yang berbahaya bagi kesehatan di sekolah-sekolah,” lanjutnya.

 

Ia memaparkan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan pangan. Program ini perlu didukung dan disukseskan agar masyarakat dan sekolah-sekolah bisa menerapkan pengawasan keamanan pangan dan jajanan anak sekolah yang aman di lingkungannya masing-masing.
Untuk itu, saya menghimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif di dalam menjaga lingkungannya agar terhindar dari makanan yang tidak aman apalagi yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations