2016-05-03 dibaca : 1004 Kali

Pembukaan Musda ke-II Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) dilingkungan Kabupaten Pesawaran Tahun 2016

bagikan informasi ini :

Pesawaran, Selasa (3/5/16), bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Pesawaran, Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, S.T., secara resmi membuka Musyawarah Daerah MPAL ke-II Kabupaten Pesawaran Tahun 2016. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Wakil Bupati Pesawaran, Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para pejabat Esselon II  dan III di  lingkungan pemkab. Pesawaran, Ketua Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Pesawaran, peserta Musda MPAL Pesawaran, dan tamu undangan.

Kegiatan Musyawarah Daerah ini dilaksanakan untuk memilih kepengurusan organisasi di Kabupaten Pesawaran. Regenerasi ini memang sangat diperlukan mengingat MPAL di wilayah Kabupaten Pesawaran ini sudah cukup matang dan perlu adanya regenerasi kepengurusan.

Dalam Kesempatan tersebut, Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, S.T., mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pengurus  MPAL yang sebentar lagi akan melaksanakan tugasnya yaitu melaksanakan musda.

Beliau berharap, pengurus MPAL dapat memiliki komitmen untuk membawa lembaga masyarakat adat mendorong munculnya peran kontruktif yang lebih lebih efektif dalam melaksanakan tugas-tugas pendampingan masyarakat, menjadi perekat kemajemukan, sekaligus dapat memainkan perannya dalam mencerdaskan, memberdayakan dan memajukan masyarakat di Bumi Andan Jejama ini.

Selain itu Bupati Dendi juga mengajak seluruh elemen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan melaksanakan program dan kegiatan yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat, serta menjalin kerjasama dan sinergi dengan berbagai komponen masyarakat lainnya dalam  rangka mewujudkan Kabupaten Pesawaran yang maju, makmur dan sejahtera.    

Sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Pesawaran, saat ini telah terbangun Sesat Agung untuk masyarakat adat Lampung Pepadun dan Lamban Balak untuk masyarakat adat Lampung Saibatin/Pesisir yang berada di serambi depan komplek Pemkab Pesawaran.

Sedangkan dalam rangka menggali tradisi, menyemai budaya dan menjaga kearifan lokal masyarakat, setiap tahun akan digelar Festival Andan Jejama sebagai media apresiasi seni dan budaya masyarakat yang melibatkan semua komponen termasuk dukungan dari para penyimbang Adat Lampung.

Melalui Musyawarah Daerah yang dilaksanakan pada hari ini, MPAL dapat   mengkonsolidasikan organisasi yang ada di Kabupaten Pesawaran, sehingga dapat menggalang peningkatan kinerja MPAL itu sendiri.  

Disamping itu, melalui program P5 yaitu, Pendataan, Penataan, Pendanaan, Pelayanan dan Pencitraan diharapkan agar MPAL dapat menjalankan tugas-tugasnya, selalu mengutamakan musyawarah dan kepentingan bersama demi mencapai hasil yang terbaik.

 

Informasi Terkait
Kumpulan Informasi Terkait Dengan Informasi Diatas

Pimpinan Daerah

Government Public Relations